Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pantai Parang Tritis – Tempat wisata di jogja

Disebelah selatan Kota Yogyakarta terdapat sebuah Desa yang jaraknya kurang lebih sekitar 25 Kilometer terdapat sebuah pantai di tepi Samudera Hindia yakni Pantai Parang Tritis. Pantai parangtritis merupakan objek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain pantai parangtritis juga terdapat pantai-pantai yang lain yakni pantai Samas, Pantai Baron, pantai Kukup Pantai Krakal, pantai Glagah, pantai Indrayanti dan masih banyak yang lainnya.

pantai parang tritis
pantai parang tritis

Selain memiliki pemandangan yang luar biasa, di pantai ini juga terdapat pemandangan yang tidak akan anda temui di pantai-pantai yang lain yakni adanya gunung-gunung pasir yang terdapat di sepanjang sisi pantai.

Gunungan-gunungan pasir tersebut oleh orang setempat disebut dengan gumuk. Untuk memanjakan para pengunjung, pihak pemerintahan sekitar telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang yakni penginapan dan juga pusat penjual oleh-oleh souvenir khas Jogja.

Objek wisata di pantai Parang Tritis

Selain wisata pantai, di pantai parangtritis ini juga terdapat beberapa tempat wisata lain yang oleh orang setempat dianggap mistis seperti Parangwedang, Parangkusumo, dan juga Folkor. Parangwedang adalah sebuah tempat pemandian.

Simak Juga : Obyek tempat wisata di purwokerto yang fenomenal

Menurut cerita yang beredar, air di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit. Hal ini dikarenakan air dipemandian tersebut mengandung banyak belerang. Air yang mengalir dipemandian ini juga dialirkan langsung ke pantai parangtritis.

Selain Parangwedang, objek wisata lain yang bisa dikunjungi di sekitar pantai parang tritis adalah Parangkusumo dan Folklor. Parangkusumo adalah sebuah pantai yang dipercaya sebagai tempat pertemuan antara Raja Yogyakarta dengan Kanjeng Ratu Kidul. Pada hari-hari tertentu, misalnya di bulan Suro akan dilakukan ritual persembahan dan sesajian maupun labuhan yang ditujukan untuk Kanjeng Ratu laut Selatan. Ada beberapa mitos yang dianut oleh masyarakat setempat, yakni bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini sangat tidak dianjurkan untuk memakai pakaian berwarna hijau muda. Pantai parang tritis dan parangkusumo akan sangat ramai oleh pengunjung saat malam tahun baru Jawa atau malam 1 Suro.

Untuk dapat sampai di tempat ini dapat ditempuh dengan cara yang sangat mudah yakni menggunakan kendaraan dari Jogja. Berwisata ke tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi anda yang menginginkan suasana yang berbeda dengan suasana riuh ramai perkotaan. Selain keindahan alamnya, pantai parang tritis juga dikenal sebagai pantai yang memiliki daya mistis dan juga daya magis. Pantai ini dipenuhi oleh pasir vulkanik hitam yang bisa memunculkan kilauan ketika terkena sinar matahari.

Demikianlah informasi singkat yang bisa kami berikan terkait dengan wisata pantai parang tritis, Yogyakarta dalam situs phillipoliver.net ini. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menambah wawasan dan juga menambah pengetahuan anda seputar segala sesuatu tentang pariwisata yang ada di Yogyakarta.

Leave a Reply